Tutorial Wordpress Lengkap - webwirausaha.com

Tutorial WordPress Lengkap

Tutorial WordPress Lengkap adalah panduan yang menyediakan informasi dan instruksi detil tentang cara menggunakan WordPress secara efektif.

WordPress adalah salah satu platform paling populer untuk membuat dan mengelola situs web. Dalam panduan ini, kita akan membahas langkah-langkah lengkap untuk mengunduh dan menginstal WordPress agar Anda dapat memulai perjalanan Anda dalam membangun situs web yang mengagumkan.

Tutorial WordPress Lengkap

Persiapan Awal

Sebelum kita memulai proses pengunduhan WordPress, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

Nama Domain: Jika Anda belum memiliki nama domain, maka pertimbangkan untuk memilih dan mendaftarkan satu melalui registrar domain yang terpercaya.

Layanan Hosting: Anda memerlukan hosting web untuk menjalankan WordPress. Oleh karena itu, pilih penyedia hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan daftarkan akun secara tepat.

Unduh WordPress

Setelah Anda memiliki domain dan hosting, saatnya untuk mengunduh WordPress:

Buka situs resmi WordPress di wordpress.org.

Klik tombol “Download WordPress” yang terlihat di halaman utama.

Versi terbaru dari WordPress akan diunduh dalam format file zip. Simpan file ini di komputer Anda.

Ekstrak File WordPress

Setelah mengunduh WordPress, ekstrak file zip yang telah Anda simpan ke komputer:

Buka folder tempat Anda menyimpan file WordPress.zip.

Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Extract” atau “Ekstrak” untuk mengekstrak semua file ke dalam folder yang baru dibuat.

Persiapkan Database

WordPress memerlukan database untuk menyimpan semua informasi situs web Anda. Langkah-langkah untuk mempersiapkan database adalah sebagai berikut:

Masuk ke panel kontrol hosting Anda.

Cari pilihan untuk mengelola database, biasanya disebut “Database Management” atau sejenisnya.

Buat database baru dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Ingat nama database, nama pengguna, dan kata sandi yang Anda buat.

Konfigurasi WordPress

Sekarang, kita akan mengkonfigurasi WordPress agar dapat terhubung ke database yang baru saja Anda buat:

Buka folder WordPress yang telah diekstrak sebelumnya.

Temukan file bernama wp-config-sample.php dan ubah namanya menjadi wp-config.php.

Buka file wp-config.php dengan editor teks dan temukan bagian yang mengatur pengaturan database.

Tentunya, dalam membuat database code, Anda perlu memastikan bahwa isi informasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti: Pertama, Anda harus mendefinisikan nama database dengan menambahkan kode ‘define(‘DB_NAME’, ‘nama_database’);’. Selanjutnya, Anda harus menentukan nama pengguna dan kata sandi dengan menambahkan kode ‘define(‘DB_USER’, ‘nama_pengguna’);’ dan ‘define(‘DB_PASSWORD’, ‘kata_sandi’);’ secara berturut-turut. Terakhir, pastikan untuk menentukan host database dengan menambahkan kode ‘define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);’. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat database code dengan benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, gantilah nama_database, nama_pengguna, dan kata_sandi sesuai dengan informasi yang Anda buat di langkah sebelumnya.

Upload File ke Server

Sekarang kita akan mengunggah file WordPress ke server hosting Anda:

Kembali ke panel kontrol hosting Anda.

Buka “File Manager” atau alat serupa yang penyedia hosting Anda sediakan.

Masuk ke folder web root, biasanya bernama public_html atau htdocs.

Unggah semua file dan folder yang ada di dalam folder WordPress yang telah Anda ekstrak sebelumnya ke dalam folder web root.

Instalasi WordPress

Setelah mengunggah semua file, selanjutnya Anda dapat mengakses situs web Anda untuk menyelesaikan proses instalasi.

Buka browser web dan masukkan alamat domain Anda.

Anda akan melihat layar instalasi WordPress. Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk mengatur bahasa, informasi situs, dan akun administrator.

Klik tombol “Install WordPress” untuk menyelesaikan instalasi.

Setelah instalasi selesai, selanjutnya Anda dapat masuk ke dasbor WordPress. Dari sana, Anda akan dapat mulai mengelola situs web Anda dengan lebih efisien.

Pelajari WordPress

Sekarang Anda telah berhasil mengunduh dan menginstal WordPress. Untuk memahami cara menggunakan Tutorial WordPress Lengkap dengan lebih baik, luangkan waktu untuk mempelajari dasbor WordPress, tema, plugin, dan berbagai fitur lainnya.

Itulah langkah-langkah dasar untuk mengunduh dan menginstal WordPress. Anda dapat melanjutkan dengan menyesuaikan situs web Anda, menambahkan tema, plugin, dan konten sesuai kebutuhan Anda.

Selamat membangun situs web Anda dengan WordPress!

Related Posts

Hubungi kami, segera!

Kami tahu bahwa setiap bisnis memiliki visi dan tujuan yang berbeda. Itulah mengapa kami menawarkan konsultasi tatap muka online yang personal.