Daftar Versi Android - webwirausaha.com

Daftar Versi Android

Daftar Versi Android merujuk pada berbagai iterasi sistem operasi Android yang telah dirilis oleh Google sejak pertama kali diperkenalkan.

Android, sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google, telah menjadi salah satu platform terpopuler di dunia. Sejak peluncurannya pada tahun 2007, Android telah mengalami banyak perubahan dan pembaruan seiring dengan perkembangan teknologi. Sebagai hasilnya,

Daftar Versi Android

1. Android 1.0 (Alpha, September 2008)

Pada awalnya, Android hadir dalam bentuk alpha dan tidak begitu dikenal. Versi pertama ini tidak memiliki nama kodenya. Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan Android.

2. Android 1.1 (Beta, Februari 2009)

Versi beta pertama Android diberi nama kode Petit Four. Android 1.1 menambahkan beberapa fitur baru, seperti kemampuan untuk mengirim gambar dan video melalui pesan MMS, serta kemampuan untuk menyimpan pesan sebagai draft.

3. Android 1.5 (Cupcake, April 2009)

Cupcake adalah versi Android pertama yang mendapatkan perhatian luas. Ini membawa sejumlah perubahan signifikan, termasuk keyboard virtual yang lebih baik, kemampuan untuk merekam dan memutar video, serta dukungan untuk widget pada layar beranda.

4. Android 1.6 (Donut, September 2009)

Versi Donut membawa sejumlah perubahan penting, seperti pencarian cepat dalam kontak, selain itu, dukungan untuk akun multiple di aplikasi email juga diperkenalkan, dan tidak ketinggalan dukungan untuk kode area CDMA juga disertakan.

5. Android 2.0/2.1 (Eclair, Oktober 2009)

Eclair adalah salah satu versi Android yang signifikan. Ini membawa perbaikan dalam navigasi, termasuk fitur turn-by-turn navigation dan kemampuan untuk menelusuri galeri foto dengan lebih mudah. Selain itu, Eclair memperkenalkan dukungan untuk akun Exchange.

6. Android 2.2 (Froyo, Mei 2010)

Versi Froyo membawa berbagai peningkatan kinerja dan stabilitas. Fitur Wi-Fi hotspot, dukungan untuk Adobe Flash Player, dan pembaruan aplikasi Android Market juga diperkenalkan.

7. Android 2.3 (Gingerbread, Desember 2010)

Gingerbread adalah versi yang cukup populer dari Android dan digunakan di banyak perangkat seluler. Selain itu, ini membawa perbaikan tampilan dan kecepatan, serta fitur-fitur baru seperti dukungan untuk NFC (Near Field Communication).

8. Android 3.0/3.1/3.2 (Honeycomb, Februari 2011)

Honeycomb adalah versi Android yang khusus untuk tablet. Selain itu, ini membawa perubahan antarmuka pengguna yang berancang khusus untuk layar besar dan dukungan untuk multitasking yang lebih baik.

9. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich, Oktober 2011)

Ice Cream Sandwich adalah upaya untuk menggabungkan elemen-elemen dari versi sebelumnya, baik untuk ponsel pintar maupun tablet. Ini memperkenalkan antarmuka Holo yang ikonik, dukungan untuk NFC, dan kemampuan untuk mematikan aplikasi yang tidak kita gunakan.

10. Android 4.1/4.2/4.3 (Jelly Bean, Juli 2012)

Jelly Bean membawa banyak perbaikan kinerja, termasuk proyeksi Google Now, yang memberikan informasi penting kepada pengguna berdasarkan lokasi dan preferensi mereka. Jelly Bean juga memperkenalkan fitur multitasking yang lebih baik.

11. Android 4.4 (KitKat, Oktober 2013)

KitKat adalah salah satu versi Android yang sangat populer dan membawa perubahan signifikan dalam hal efisiensi sumber daya. Itu juga memperkenalkan fitur “Google Experience Launcher” yang kemudian kita kenal sebagai Google Now Launcher.

12. Android 5.0/5.1 (Lollipop, November 2014)

Lollipop adalah langkah besar dalam evolusi Android. Ini memperkenalkan Material Design, antarmuka yang lebih konsisten dan modern. Selain itu, Lollipop membawa sejumlah perbaikan dalam hal keamanan dan efisiensi daya.

13. Android 6.0 (Marshmallow, Oktober 2015)

Marshmallow membawa perubahan penting dalam pengelolaan izin aplikasi, dengan memungkinkan pengguna untuk lebih baik mengontrol akses aplikasi ke data pribadi mereka. Ini juga memperkenalkan Google Now on Tap, yang memberikan informasi kontekstual berdasarkan apa yang ada di layar.

14. Android 7.0/7.1 (Nougat, Agustus 2016)

Nougat membawa berbagai peningkatan, termasuk split-screen multitasking; selain itu, terdapat dukungan untuk VR (Virtual Reality), dan penggunaan data yang lebih efisien melalui fitur ‘Data Saver’.

15. Android 8.0/8.1 (Oreo, Agustus 2017)

Oreo adalah versi Android yang tidak hanya membawa sejumlah perbaikan kinerja dan stabilitas, tetapi juga memperkenalkan fitur-fitur seperti Autofill API dan Picture-in-Picture mode.

16. Android 9 (Pie, Agustus 2018)

Pie adalah versi Android yang fokus pada kecerdasan buatan dan pemahaman konteks. Selain itu, versi ini memperkenalkan navigasi geser serta fitur Adaptif Battery yang mengoptimalkan penggunaan baterai.

17. Android 10 (September 2019)

Android 10 membawa berbagai perbaikan privasi dan keamanan, serta fitur seperti Dark Mode dan gesture-based navigation. Itu juga memperkenalkan Project Mainline untuk pembaruan sistem yang lebih cepat.

18. Android 11 (September 2020)

Android 11 menyoroti konsep “People First,” dengan fokus pada konversasi, kontrol perangkat, dan kenyamanan pengguna. Ini juga memperkenalkan fitur Bubbles untuk mengelola pesan yang cepat di seluruh aplikasi.

19. Android 12 (Oktober 2021)

Android 12 membawa perubahan besar dalam hal antarmuka pengguna dengan desain Material You yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Ini juga menambahkan lebih banyak fitur privasi dan keamanan.

20. Android 13 (TBA)

Saat artikel ini kami tulis, Android 13 belum resmi rilis. Namun, kami harapkan akan membawa lebih banyak inovasi dalam hal kinerja, privasi, dan pengalaman pengguna.

Daftar versi Android ini mencakup perjalanan evolusi sistem operasi mobile yang sangat populer ini dari awal hingga saat ini.

Android terus berkembang dan berinovasi dengan setiap versi baru, sehingga memastikan bahwa pengguna selalu memiliki akses ke teknologi terbaru dan pengalaman yang lebih baik.

Dengan setiap pembaruan, maka Daftar Versi Android tetap menjadi salah satu platform mobile terkemuka di dunia, sehingga memberikan kemampuan yang lebih baik dan fitur yang lebih canggih kepada jutaan pengguna di seluruh dunia.

Related Posts

Hubungi kami, segera!

Kami tahu bahwa setiap bisnis memiliki visi dan tujuan yang berbeda. Itulah mengapa kami menawarkan konsultasi tatap muka online yang personal.