Yuk Membuat Contact Form di WordPress! - webwirausaha.com

Yuk Membuat Contact Form di WordPress!

Contact Form di WordPress adalah cara yang efektif untuk memungkinkan pengunjung situs Anda menghubungi Anda dengan mudah.

WordPress adalah salah satu platform website paling populer di dunia, dan salah satu fitur yang sering dibutuhkan oleh pengguna WordPress adalah formulir kontak. Formulir kontak memungkinkan pengunjung situs web untuk berinteraksi dengan pemilik situs atau tim dukungan dengan mudah.

Contact Form di WordPress

Pentingnya Formulir Kontak di WordPress

Formulir kontak adalah alat penting untuk berkomunikasi dengan pengunjung situs web Anda. Mereka memungkinkan pengunjung untuk mengirim pesan, pertanyaan, atau komentar tanpa harus membuka program email mereka atau mencari informasi kontak Anda secara manual. Formulir kontak juga membantu mencegah spam, karena sebagian besar plugin formulir kontak dilengkapi dengan perlindungan anti-spam yang kuat.

Langkah 1: Instal dan Aktifkan Plugin Formulir Kontak

Cara paling umum untuk membuat formulir kontak di WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Ada banyak plugin formulir kontak yang tersedia, tetapi salah satu yang paling populer adalah “Contact Form 7.” Anda dapat menginstal plugin ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pergi ke menu “Plugins” di sebelah kiri dan klik “Add New.”
  3. Di kotak pencarian, ketik “Contact Form 7.”
  4. Ketika Anda menemukan pluginnya, klik tombol “Install Now” untuk menginstalnya.
  5. Setelah selesai diinstal, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkannya.

Langkah 2: Buat Formulir Kontak Baru

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin Contact Form 7, langkah selanjutnya adalah membuat formulir kontak baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Di dasbor WordPress Anda, pergi ke menu “Contact” di sebelah kiri.
  2. Klik “Add New” untuk membuat formulir kontak baru.
  3. Anda akan dibawa ke halaman pengaturan formulir kontak, di mana Anda dapat mengedit formulir sesuai kebutuhan Anda.
    • Beri judul pada formulir Anda di bagian “Title.”
    • Di dalam editor teks, Anda dapat melihat kode formulir kontak default yang telah disediakan oleh plugin. Anda dapat menyesuaikan kode ini sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi jika Anda tidak familiar dengan HTML, sebaiknya jangan mengubahnya.
  4. Di bawah judul, Anda akan melihat opsi untuk mengedit formulir. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan atau menghapus elemen formulir seperti nama, email, subjek, pesan, dll. Proses ini sangat mudah. Selain itu, Anda cukup klik pada elemen yang ingin Anda tambahkan dan pilih dari opsi yang tersedia.
  5. Setelah Anda selesai mengedit formulir, klik tombol “Save” di bagian atas halaman.

Langkah 3: Tambahkan Formulir ke Halaman atau Posting

Setelah Anda membuat formulir kontak, Anda perlu menambahkannya ke halaman atau posting di situs web Anda. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buat atau edit halaman atau posting di mana Anda ingin menampilkan formulir kontak.
  2. Di dalam editor halaman atau posting, setelah itu Anda akan melihat tombol “Add Form” di atas kotak teks. Klik tombol ini.
  3. Pilih formulir kontak yang ingin Anda tambahkan dari daftar yang tersedia dan klik “Add Form.”
  4. Formulir kontak akan ditambahkan ke halaman atau posting dengan kode khusus yang akan menampilkan formulir tersebut.
  5. Jika Anda ingin melihat tampilan formulir sebelum menyimpan atau memublikasikannya, Anda dapat mengklik tombol “Preview” untuk melihat halaman atau posting dengan formulir yang ditambahkan.

Langkah 4: Simpan dan Publikasikan Halaman atau Posting

Setelah Anda menambahkan formulir kontak ke halaman atau posting, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda. Selanjutnya, publikasikan halaman atau posting tersebut. Dengan demikian, sebagai hasilnya, pengunjung situs Anda sekarang akan dapat melihat formulir kontak dan menggunakannya untuk mengirim pesan kepada Anda.

Langkah 5: Konfigurasi Pengaturan Email

Untuk menerima pesan dari formulir kontak, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan email. Di dalam plugin Contact Form 7, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Kembali ke menu “Contact” di dasbor WordPress Anda.
  2. Klik pada formulir kontak yang ingin Anda konfigurasi.
  3. Di bagian atas halaman pengaturan formulir, klik tab “Mail.”
  4. Di sini, Anda dapat mengatur alamat email tujuan di bawah “To” dan mengonfigurasi pengaturan email lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  5. Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save” setelah mengkonfigurasi pengaturan email.

Langkah 6: Menambahkan Perlindungan Anti-Spam

Sebagai langkah tambahan, Anda juga dapat menambahkan perlindungan anti-spam ke formulir kontak Anda. Selain itu, Plugin Contact Form 7 memiliki integrasi dengan reCAPTCHA, yang dapat membantu mencegah serangan spam.

  1. Pergi ke menu “Contact” di dasbor WordPress Anda.
  2. Klik pada formulir kontak yang ingin Anda konfigurasi.
  3. Klik tab “reCAPTCHA.”
  4. Ikuti petunjuk untuk mengaktifkan reCAPTCHA dan mendapatkan kunci API yang anda perlukan.
  5. Setelah Anda mendapatkan kunci API, selanjutnya masukkan mereka ke dalam pengaturan reCAPTCHA dan klik “Save.”

Langkah 7: Menampilkan Formulir Kontak di Sidebar atau Widget

Selain menambahkan formulir kontak ke halaman atau posting, Anda juga dapat menambahkannya ke sidebar atau widget di situs web Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Di dasbor WordPress Anda, pergi ke menu “Appearance” dan klik “Widgets.”
  2. Cari widget “Text” dan seret ke area sidebar yang anda inginkan.
  3. Di dalam widget “Text,” Anda dapat menambahkan kode formulir kontak yang telah Anda buat sebelumnya.
  4. Klik “Save” untuk menyimpan perubahan Anda.

Contact Form di WordPress adalah langkah penting untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung situs Anda. Selain itu, dengan menggunakan plugin seperti Contact Form 7, Anda dapat dengan mudah membuat formulir kontak yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menambahkannya ke halaman, posting, atau widget di situs web Anda. Pastikan juga untuk mengonfigurasi pengaturan email dan perlindungan anti-spam untuk memastikan formulir kontak Anda berfungsi dengan baik. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda dalam membuat Contact Form di WordPress

Related Posts

Hubungi kami, segera!

Kami tahu bahwa setiap bisnis memiliki visi dan tujuan yang berbeda. Itulah mengapa kami menawarkan konsultasi tatap muka online yang personal.